Mengenal hari AIDS sedunia.



[caption id="attachment_36" align="alignnone" width="322" caption="1 december for all"]1 december for all[/caption]

Tahu nggak sih, tanggal 1 Desember  kita memperingati apa ?? ^_^

Mungkin semua kawan – kawan semua sudah mengerti bahwa tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari Aids sedunia. Seberapa bahaya sih HIV/AIDS itu sampai dunia harus rela meluangkan secuil waktunya untuk memperingatinya. Banyak sekali tindakan-tindakan berupa orasi atau kampanye yang dilakukan bertepatan pada tanggal tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap persebaran HIV/AIDS dimana pada moment tersebut kita juga di peringatkan akan bahayanya serta di perkenalkan apa HIV/AIDS itu sebenarnya.

HIV, merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, kontan masuk jajaran salah satu pembunuh manusia terbesar sepanjang jaman. Maka tak heran ketika kalender menjejak tanggal Satu Desember-hari anti HIV/AIDS sedunia-, orang ramai-ramai turun ke jalan, membuat seminar hingga menggelar pertunjukan yang intinya menyerukan ajakan untuk meredam penyebaran virus maut ini.

Kampanye-kampanye untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS pun sangat beragam, salah satu slogan yang membuat saya pribadi tidak terasa enak untuk di dengar adalah slogan berbunyi "CEGAH AIDS DENGAN KONDOM" hal ini mengisyaratkan bahwa penggunaan kondom merupakan hal yang di izinkan dan di bolehkan untuk melakukan "ZINA".  Seharusnya slogan tersebut di ganti "CEGAH AIDS TANPA KONDOM". Jadi untuk mencegah AIDS,  kita jangan pergi ke tempat-tempat sarangnya AIDS, karena Yang menjadi permasalahan secara umum berkaitan dengan HIV / AIDS yaitu :
1. AIDS merupakan penyakit mematikan yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya.
2. AIDS dapat menular kepada siapa saja.
3. AIDS sudah ada di mana-mana/seluruh dunia.

4. Pengidap HIV/AIDS umumnya selalu dikucilkan masyarakatnya.

Namun terlepas dari semua itu, kita sebagai manusia yang mungkin sedikit awam dengan dunia medis perlu untuk mengetahui bagaimana untuk menyikapi atau mencegah tertularnya HIV/AIDS. berikut yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko penularan HIV / AIDS :
1.Menolak mendapat suntikan/tindakan medis lain dari alat suntik/medis yang diragukan ke sterilannya.
2.Tidak menggunakan pisau cukur/ gunting kuku/sikat gigi/handuk bersama.
3.Menghindari prosedur tatoo dsb.
4.Menghindari kontak langsung dengan darah/cairan tubuh orang lain

Selain itu, ada juga hal  lain yang mesti dijalankan, yakni :
A - Menjauhi hubungan seks bebas  (Abstinentia).
B - Bersikaplah saling setia ( Be Faithful) terhadap pasangan (suami/istri).
C - Cegah dengan menggunakan kondom (Condom).
D - Hindari pemakaian jarum suntik serta narkoba  (Drugs).

Selain mengetahui tentang solusi pencegahan seperti diatas, kita juga harus tahu bagaimana HIV/AIDS itu bisa dideteksi melalui gejala-gejala yang muncul.  Pada umumnya, gejala IMS ( Infeksi Menular Seksual ) lebih rentan terhadap penularan HIV karena pada IMS selalu terjadi perlukaan (muncul luka)  sebagai jalan masuknya virus HIV
Penyakit IMS umumnya terjadi pada alat kelamin dan ditularkan terutama melalui hubungan seksual :
Contoh penyakit IMS :
1.Kencing nanah ( GO)
2.Raja Singa ( Sifilis )
3.Jengger Ayam ( Condiloma )
4.Cacar pada alat kelamin (Herpes Genitalis )
5.Kutu Kelamin (Ptiriasis pubis )

Munculnya sebuah hubungan masalah HIV/AIDS dengan perkembangan dunia modern,yakni pada dasarnya para remaja/pekerja menghadapi kerentanan tinggi terhadap penularan HIV/AIDS, hal ini disebabkan karena :
1. Usia produktif = periode aktif dalam aktivitas seksual.
2. Terdapat  banyak industri hiburan tanpa kontrol yang mengiringi modernisasi kota-kota besar.
3. Akses/penyebarluasan informasi dan pelayanan terkait HIV/AIDS kepada masyarakat yang masih terbatas

Demi mencegah terjadinya penularan virus HIV / AIDS dilingkungan kita, dibutuhkan kewaspadaan dan bukan kepanikan yang muncul dari diri kita. Dengan memperhatikan pola hidup yang sehat serta menjauhi hal-hal yang mampu menjadi media penularan virus mematikan di dunia tersebut, maka kita tidak perlu takut tertular HIV/AIDS.

"PERHATIKANLAH ORANG - ORANG YANG KITA SAYANGI AGAR TIDAK TERTULAR HIV/AIDS!!!"

Anda membaca artikel Mengenal hari AIDS sedunia. dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url http://artsentsasion.blogspot.com/2010/12/mengenal-hari-aids-sedunia.html.


Backlink here..

Description: Mengenal hari AIDS sedunia. Rating: 4.5 Reviewer: umy staf - ItemReviewed: Mengenal hari AIDS sedunia.


Shares News - 11.44


Share your views...

6 Respones to "Mengenal hari AIDS sedunia."

arong mengatakan...

serem broo.....
tp,nice info.......


4 Desember 2010 01.27
bayu yudha esa putra mengatakan...

kan masih di foto bro....

emg uda bs bayangin yg sebenernya ia??


4 Desember 2010 02.07
g da loh g rame mengatakan...

beh mantapz deh dpt ilmu br,,,,
tmbh kreatif lg ia....


4 Desember 2010 03.44
bayu yudha esa putra mengatakan...

terima kasih untuk penjelasannya yg lebih mendalam....
mengenai apa itu HIV/AIDS.

saya setuju tentang seorang ODHA itu tidaklah selalu org2 yang memiliki kelakuan/moral jelek...

namun ditulisan ini saya mencoba memberikan sebuah analisis dalam perspektif sosial dari pemahaman saya mengenai upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran HIV/AIDS secara universal...
saya mengapreasi positif dari semua upaya2 pemerintah melalui dinas kesehatan tersebut yang secara serius telah berupaya menyelesaikan penyebaran virus yang masih belum memiliki sebuah obatnya ini.

dan saya hanya memberi sebuah garis bawah terhadap slogan "cegah aids dg kondom" tersebut. Mungkin kondom memang menjadi sebuah media terefektif dalam membatasi ruang penyebaran virus tersebut, namun dari segi pemahaman kata2nya tentu akan membawa sebuah pemahaman yang bebeda2 dalam masyarakat karena kata2 seperti itu memang sangat mengandung ke-ambiguan dalam pengambilan maksud. meskipun pemerintah sudah meregulasi bahwa tidak adanya seruan atau ajakan untuk melakukan seks pra-nikah menggunakan kondom namun apakah maksud tersebut bisa tertangkap baik dalam masyarakat?
keberadaan kondom memang tidak perlu dimusnahkan melainkan penyalurannyalah yang saya rasa memerlukan sebuah pengawasan yg lebih tepat. mungkin sebagian masyarakat sudah paham tentang maksud pemerintah seperti diatas tadi, namun apakah masyarakat, tepatnya orang yang belum menikah namun berkeinginan utk melakukan seks tersebut bisa untuk menjalankan maksud pemerintah tersebut, sedangkan mereka dengan mudahnya bisa memperoleh kondom dari apotik atau mini market tanpa adanya sebuah pengecekan apakah mereka sudah menikah apa belum melalui KTP mereka....
(bahkan hal seperti itu sudah biasa..)
upaya baik tentu harus di ikuti dengan pengawasan yang baik pula dalam penerapannya,karena jgn sampai maksud pemerintah yang baik itu justru di selewengkan oleh pihak2 yang bisa menjual kondom2 tersebut secara bebas semata hanya ingin mengejar untung buat mereka saja. ^_^


http://blog.umy.ac.id/esa2


12 Desember 2010 20.44
lego creator space shuttle mengatakan...

Undeniably believe that which you stated. Your favorite reason appeared to be on the net the easiest thing to be aware of. I say to you, I certainly get annoyed while people think about worries that they plainly don't know about. You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will probably be back to get more. Thanks


2 Oktober 2011 15.53
Burberry Outlet Online mengatakan...

An best blog this is,and a quality source to get updated by some of the greatest facts,thanks to share.


3 Januari 2012 22.11

Poskan Komentar