Menulislah..! untuk menjadi pintar



menulislah...

ada pepatah yang mengatakan: “Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan karya”. Pepatah lama ini penting juga untuk kita perhatikan.  Ketika kita telah menjadi sesosok insan, apa yang akan dikenang dunia dari diri kita? Jejak apa yang telah kita tinggalkan sehingga dunia akan tetap mengenang kita. Hingga meski kita telah lama meninggalkan dunia ini, namun sejatinya diri kita masih dikenang dalam kehidupan karena mimpi, pemikiran, harapan dan cita-cita kita tetap terukir indah dan bisa kita tinggalkan untuk orang lain.

dengan sebait kata-kata itulah, mari kita mulai menciptakan sebuah atmosfir menulis bagi diri kita, karena dengan menulis akan banyak hal positf yang muncul dari diri kita. Menulis juga bisa menjadi cara terbaik untuk memotivasi dan menasihati diri sendiri, dan tentunya salah satu cara bagi kita untuk mensyukuri anugerah ilmu dan hikmah yang Tuhan berikan kepada kita.  Di saat kita sedang kesal  atau terinspirasi, menulis bisa menjadi sebuah media kita untuk  curahan hati atau sebagai penumpahan hasil pemikiran kita.

meski menulis bukan merupakan sesuatu yang mudah, namun menulis merupakan proses bagi kita untuk menjadi orang yang pintar, karena tidak ada orang yang langsung pintar pada suatu bidang ketika telah dilahirkan tanpa adanya sebuah proses. Hukum alam tidak bisa dimanipulasi, Proses tanam, merawat dan memanen adalah proses yang tidak dapat dipotong. Menanam hari ini, langsung menuai esok pagi, tidak akan pernah ada.  Ada proses  merawat yang tidak dapat kita langkahi. Maka dari itu, mari kita mulai berlatih.

Permasalahan banyak dijumpai saat seseorang mulai menulis sebuah karangan, esai, cerpen, dan semacamnya. Ketika seseorang terbentur masalah kehabisan ide dan ngadat hingga di kalimat ke sekian, karangan tersebut juga terancam tak terselesaikan alias no end. hingga terkadang kita jadi mulai berfikir dalam benak kita, apakah menulis hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang memiliki bakat menulis saja?? tanpa kita sadari, hal seperti itulah yang menjadi sebuah pertanda awal hilangnya rasa percaya diri dalam diri kita...

Dari pengalaman menulis sebuah novel pribadai saya selama ini, inilah hambatan-hambatan yang hampir setiap orang akan berpendapat sama atau bahkan mereka juga pernah mengalaminya, yaitu:
•    Merasa tulisannya jelek dan tidak menarik,
•    Merasa malu kalau tulisan dibaca oleh orang lain,
•    Merasa bakat saya sangat kurang dalam hal tulis menulis,
•    Kesulitan membuat alur atau struktur tulisan,
•    Kesulitan mencari gaya penulisan yang khas
•    Dan satu hal yang paling fundamental yang pernah saya alami setiap kali saya akan menulis adalah kesulitan menemukan ide yang menjadi dasar tulisan saya. ^_^

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita ketahui agar kita bisa memahami bahwa menulis itu gampang dan menyenangkan asalkan kita mau berusaha.

Pertama, menulis itu adalah sesuatu yang sangat alami, seperti halnya berkomunikasi dengan orang lain. Bedanya, menulis itu menghasilkan sesuatu yang berbentuk tulisan, sedangkan berbicara dilakukan secara lisan. Ketika seseorang lahir dan tumbuh, mereka dapat berinteraksi dengan orang lain, menerima dan menyampaikan informasi dari dan kepada orang-orang di sekitarnya. Intinya sama saja, yaitu penyampaian informasi. Untuk menambahkan latar belakang suatu cerita dan memperjelas apa yang terjadi, dalam teknik menulis maupun berkomunikasi secara lisan menggunakan rumus yang sudah ratusan tahun digunakan, yakni 5W+1H (what, when, where, who, why, how). Ketika menyampaikan suatu berita dengan rumus tersebut, maka informasi tersebut telah dipaparkan secara rinci.

Kedua, mudahnya menulis itu sama seperti mudahnya bercerita. Selama orang itu dapat membaca dan menulis, maka memaparkan cerita dalam bentuk tulisan menjadi mungkin. Karena setiap pada dasarnya orang mampu menulis.

Ketiga, ketika kita sudah terbiasa dalam bahasa tulisan, maka seperti halnya pemain musik, penulis dapat menari dan terus menciptakan sesuatu yg indah dalam tulisannya. Kita juga akan mampu memainkan emosi pembaca, mencari sudut pandang yang berbeda dari orang kebanyakan, dan mungkin juga menyampaikan sesuatu yang orang lain tidak peduli. Maka dalam hal ini, pengalaman menulis adalah penting, sepenting latihan bagi pemain musik.

Keempat, untuk menjadi penulis yang baik, maka ilmu yang telah kita miliki harus terus dikembangkan, termasuk wawasan, dan informasi yang semakin mudah dijumpai di berbagai media. Semakin kaya kita akan informasi, semakin mudah kita mengaitkan suatu data dengan suatu cerita.
Semakin indah dan menarik bahasa yang dikuasai seorang penulis dalam bertutur, karena informasi akan sangat membantu mencarikan alur-alur untuk menulis. Seperti sosial, hukum, ekonomi, pendidikan, estetika, etika, agama dan lain sebagainya. Hanya penulis yang tidak ingin berkembanglah yang tidak mau meningkatkan ilmunya, tidak mau mengasah lagi ilmu-ilmu yang telah ia kuasai.

Kelima, seorang penulis akan terlatih berfikir logis dan analitis, oleh karena itu, setiap individu yang ingin mengembangkan kemampuan menulisnya, harus mengasah kemampuan logis dan analisisnya. Mencari kaitan suatu data, merunutkan suatu cerita, memaparkan dan akhirnya menjadi enak untuk dibaca.

oleh karena itu sebelum kita mulai untuk menulis, ada beberapa langkah yang perlu kita pahami dan kita praktekkan dengan baik :

1)    Mulailah dari sekarang
2)    Banyaklah berlatih, karena praktek akan membuat diri seseorang semakin terasah
3)    Tulislah tanpa mengedit, jangan menulis sambil mengedit tulisan
4)    Buatlah bagan cerita, agar lebih mudah
5)    Mintalah pendapat orang tentang tulisan Anda.
Ini semua merupakan rangkuman yang saya coba berikan, walaupun tidak mudah dalam melakukannya, dan proses kemampuan menulis seseorang juga dipengaruhi oleh apa yang ada di dalam otak penulis, maka setiap orang, mempunyai kemampuan menulis sesuai dengan gaya masing-masing.

"get your own writing's style" ^_^

Anda membaca artikel Menulislah..! untuk menjadi pintar dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url http://artsentsasion.blogspot.com/2010/11/menulislah-untuk-menjadi-pintar.html.


Backlink here..

Description: Menulislah..! untuk menjadi pintar Rating: 4.5 Reviewer: umy staf - ItemReviewed: Menulislah..! untuk menjadi pintar


Shares News - 20.27


Share your views...

15 Respones to "Menulislah..! untuk menjadi pintar"

Septian Purnama mengatakan...

yaa,, aku jg lg blajar mnulis nih, xD


1 Desember 2010 00.00
Norman Fajar Adiguna mengatakan...

nice info. bagus bagus. pengen banget bisa nulis. :D

tukeran link yah!
let's see your link in my blogroll. cegedot. hehe :D


4 Desember 2010 02.44
novy mengatakan...

saya bisa menulis sesuatu hanya ketika saya merasa saya 'ingin'
moody.
ada saran agar saya selalu bisa menulis tanpa mengandalkan mood ??


13 Desember 2010 04.24
rodes mengatakan...

karena dalam menulis ada proses berfikir


16 Desember 2010 01.40
bayu yudha esa putra mengatakan...

thats correct.......... ^_^V


16 Desember 2010 05.52
meyspongy mengatakan...

yang perlu kita perhatikan itu hambatanya, bagaimana caranya kita bisa singkirkan hambatan itu didepan langkah kita..
:)


23 Desember 2010 07.19
Best CityVille Guide mengatakan...

Excuse my stupidity, but I can't for the life of me find your sites rss feeds. Mind directing me to it? Thanks.


21 Februari 2011 00.29
tv 8 mengatakan...

many thanks !! extremely useful post!


10 Maret 2011 10.20
Jannet Ludlow mengatakan...

*An impressive share, I just given this onto a colleague who was doing a little analysis on this. And he in fact bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! But yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you become expertise, would you mind updating your blog with more details? It is highly helpful for me. Big thumb up for this blog post!


18 Maret 2011 09.02
Giselle Mcmeel mengatakan...

*I am often to blogging and i really appreciate your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your site and keep checking for new information.


20 Maret 2011 14.16
Negocios rentables mengatakan...

Thank you for producing the powerful, dependable, educational and as well as easy tips about your topic.


17 Mei 2011 12.28
Directorio Negocios mengatakan...

Thank you for producing the powerful, dependable, educational and as well as easy tips about your topic.


17 Mei 2011 22.30
space shuttle creator mengatakan...

Hello there, recently became aware of your site on AOL, and discovered that it's truly baller. I'm going to watch out for brussels. I'll appreciate if you keep writing about this topic in future. Numerous readers will benefit from your posting. Cheers! ;)


2 Oktober 2011 19.04
plantas purificadoras mengatakan...

Very interesting details you have noted , thanks for posting .


2 November 2011 14.36
Burberry Sale mengatakan...

An best blog this is,and a quality source to get updated by some of the greatest facts,thanks to share.


3 Januari 2012 22.11

Poskan Komentar